Narasi Kegiatan KKU Kelompok 4 Periode Ganjil 2017/2018 Wilayah Gisikdrono

by satgas

18 December 2017


Pada tanggal 17 November 2017, kami, kelompok 4 KKU Kel. Gisikdrono mengerjakan salah satu program kerja salah satu anggota kami, Icha. Yaitu mengecat serta memperbaiki gerobak jamu salah satu mitra kami Ibu Sulastri.

Kami memulai dengan membersihkan gerobak dengan remover serta mengamplas agar lapisan cat yang lama bisa hilang. Kemudian kami menutupi beberapa bagian yang tidak ingin terkena cat menggunakan lakban. Setelah tertutup dan lapisan cat yang lama sudah hilang, kami mengaduk cat yang hendak kami pakai kemudian kami aplikasikan dengan kuas. Kami mengecat dengan perlahan agar mendapat hasil yang maksimal. Warna yang kami gunakan adalah hijau tua, sesuai keinginan dari mitra kami, Ibu Sulastri.

Setelah menunggu beberapa saat, cat pun sudah kering dan hasilnya pun baik. Ibu Sulastri puas dengan hasil cat kami. Kemudian kami memasang banner yang sudah kami siapkan ke gerobak jamu Ibu Sulastri, dan cocok. Gerobak jamu Bu Sulastri pun semakin cantik dan saat akan digunakan berkeliling berjualan jamu orang akan paham bahwa itu jamu bengok-bengok Bu Sulastri.

Kali ini kelompok kami melakukan program kerja salah satu anggota kami, Gita. Kami memberikan beberapa peralatan dapur untuk salah satu mitra kami, Bu Sulastri. Tepatnya kami melakukan program kerja itu tanggal 8 November 2017.

Beberapa alat dapur yang kami berikan seperti tempat sampah, kami menilai tempat sampah Ibu Sulastri sudah tidak layak sehingga teman kami mengusulkan untuk memberikan tempat sampah yang baru. Kemudian ada tupperware, yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan bahan baku produksi jamu. Kami melihat Ibu Sulastri menyimpan bahan baku hanya di kantong plastik yang kami rasa tidak layak karena mengandung bahan kimia dan terkena udara dari luar.

Ibu Sulastri sangat senang dengan apa yang kami berikan. Diluar karena apa yang kami berikan merupakan kualitas yang baik, Bu Sulastri senang kami peduli dengan apa yang beliau rasakan. Namun kami juga senang dapat membantu Ibu Sulastri.

24 November 2017 kami datang ke kediaman mitra kami, Bu Wati. Saat kami datang, Bu Wati sedang sibuk menyiapkan pesanan serta jualan hariannya yaitu nasi bakar. Tak seperti biasanya saat kami datang, kali ini Bu Wati benar-benar sibuk karena pesanannya begitu banyak.

Kami kemudian membantu menyiapkan pesanan Bu Wati agar cepat selesai. Bu Wati sangat terbantu dengan kehadiran kami, namun kami juga senang dapat membantu proses produksi Bu Wati, karena kami mendapat pengalaman baru membantu berjualan snack dan nasi bakar, yang sebelumnya belum pernah kami lakukan. Kami juga membungkus makanan dengan kemasan yang sudah kami berikan sebelumnya, yang sudah ada label Ayu Snack, agar jualan Bu Wati lebih diketahui oleh para konsumen.

Akhirnya kami selesai membantu proses pengemasan makanan Bu Wati. Makanan pun siap untuk diambil oleh pemesan serta nasi bakar siap untuk diantar ke warung nasi kucing yang sudah menjadi langganan tetap Bu Wati untuk menyetor makanannya.