Narasi Kegiatan KKU Kelompok 3 Periode Ganjil 2017/2018 Wilayah Gisikdron

by satgas

18 December 2017


Belajar Kewirausahaan Lewat KKU

Bagi mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang, KKU atau Kuliah Kerja Usaha merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil dan diikut oleh semua mahasiswa Unika Soegijapranata. KKU semester ini merupakan KKU periode 1 tahun 2017-2018. KKU dimulai pada tanggal 3 Oktober 2017 dan kegiatan KKU akan berlangsung kurang lebih 2 bulan dalam mendampingi mitra. Dalam periode ini mahasiswa yang mengikuti KKU dibagi menjadi 35 kelompok dan dibagi untuk ke beberapa daerah di Kota Semarang seperti; Gisikdrono, Tambak Mulyo, Kemijen, Sambiroto, Kuncup Melati, Gajah Mungkur/Karang Panas dan Kandri.

Kelompok kami, kelompok 3. Kami mendapat wilayah mitra di daerah kelurahan Gisikdrono Semarang. Kami membimbing dua mitra, yaitu Ibu Suharti dan Ibu Septi.  Mitra pertama, Ibu Suharti membuka usaha jajanan pasar di di Jalan Puspogiwang I No. 28 RT 01 RW 02 . Ibu Suharti sudah menjalankan usaha ini selama 2 tahun. Beliau biasa menitipkan makanannya ke warung-warung. Makanan yang dijual oleh ibu Suharti adalah rolade tahu, sosis solo, arem-arem, timus, tahu bacem, utri dan ada pula peyek. Pada kegiatan KKU di mitra 1 ini kami memiliki program utama untuk menaikan laba penjualan dari Ibu Suharti. Mitra kedua, Ibu Septi juga membuka usaha jajanan pasar di Jalan Puspogiwang No. 5 RT 05 RW 03. Makanan yang diproduksi Ibu Septi adalah bolu, puding dan nugget. Program utama kita pada mitra kedua adalah inovasi produk nugget. Produk nugget dicampur dengan sayur dan keju agar dapat menjadi pembeda dengan produk nugget pada umumnya, sehingga dapat menarik minat beli konsumen.

Kegiatan KKU ini secara langsung memberikan pengalaman pada mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang dalam berbisnis dan menghadapi masalah-masalah dalam berbisnis di dunia nyata. Dalam kegiatan ini kita semua diajarkan untuk dapat bekerja dengan baik dalam kelompok, menerima saran dan kritik dari orang lain, berani dalam menyampaikan pendapat, berkerjasama dalam memecahkan kendala-kendala yang dihadapi mitra, bertanggung jawa dengan tugas, dan lain sebagainya. Maka dari itu dapat dibilang bahwa mata kuliah “Kuliah Kerja Usaha” memberikan banyak pengalaman bagi mahasiswa untuk dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari