Narasi Kegiatan KKU Kelompok 1 Periode Ganjil 2017/2018 Wilayah Gisikdrono

by satgas

18 December 2017


DUA BULAN MENGABDI KEPADA MASYARAKAT

            Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam berbagai macam usaha dampingan. Kami sebagai kelompok 01 ditugaskan pada usaha Es Campur dan Aneka Macam Makanan dan Minuman. Dalam melakukan tugas tersebut, kami melakukan beberapa program yang berbeda. Dari berbagai macam program yang dilaksanakan tentunya ada beberapa program yang kami pandang program tersebut merupakan program terbaik yang kami laksanakan untuk mengembangkan usaha mitra dampingan kami.

Memperluas Pangsa Pasar merupakan salah satu program kami yang kami pandang bisa mengembangkan usaha mitra dampingan kami. Memperluas Pangsa Pasar yang kami lakukan adalah dengan membuatkan MMT untuk usaha dampingan kami yaitu usaha Aneka Macam Makanan dan Minuman. Dengan MMT yang kami buatkan untuk usaha Aneka Macam Makanan dan Minuman, semata-mata untuk bisa menarik pelanggan untuk usaha tersebut. Terbukti dengan kami melaksanakan berbagai program yang berbeda-beda, usaha Aneka Macam Makanan dan Minuman sekarang lebih dikenali oleh masyarakat sekitar, salah satu faktor dari pelanggan yang tertarik dengan usaha tersebut adalah dengan kami memasang MMT untuk usaha Aneka Makanan dan Minuman.

Tidak hanya itu, kami juga melaksanakan program-program kami yang lainya. Inovasi produk juga merupakan salah satu program kami lainya yang bisa membuat usaha mitra dampingan kami lebih berkembang. Inovasi produk yang kami lakukan sangat sederhana, dengan kami memanfaatkan beberapa bahan dari usaha mitra dampingan kami untuk membuat Inovasi produk kami.

Inovasi produk yang kami lakukan adalah dengan cara kami mengajarkan beberapa Inovasi yang bisa kami lakukan, dan mempraktekkan secara nyata terhadap usaha mitra dampingan kami. Kami melakukan Inovasi produk terhadap mitra dampingan kami yaitu usaha Es Campur. Dalam membuat produk Es Campur  memperlukan bahan-bahan seperti, cincau, cendol, kolang-kaling, dll. Dalam usaha Es Campur yang kami dampingi tidak hanya menjual Es Campur saja, melainkan ada Pop Ice dan Kopi. Dari bahan-bahan tersebut kami memanfaatkan bahan tersebut untuk membuat inovasi produk kami dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan setiap harinya. Tebukti dengan kami melakukan pemantauan selama kami bertugas mengenai program-program yang kami laksanakan pada usaha Es Campur, pemilik usaha Es Campur atau Ibu Sukarsi ini merasa terbantu dengan adanya program-program yang kami lakukan pada usaha beliau. Dengan Inovasi produk yang kami lakukan serta program-program kami lainya, sekarang usaha Ibu Sukarsi atau usaha Es Campur ini lebih berkembang dari sebelumnya.

Selain Memperluas Pangsa Pasar dan Inovasi produk, kami juga melakukan program pembukuan untuk usaha Es Campur Ibu Sukarsi. Tentunya program pembukuan yang kami laksanakan dengan sederhana, untuk lebih bisa dipahami dan dilaksanakan secara teratur untuk mengetahui pendapatan sehari-harinya. Karena beliau tidak mengetahui pendapatan yang dihasilkan setiap harinya, sehingga beliau sendiri tidak mengetahui, beliau dalam menjalankan usaha tersebut untung atau rugi. Dengan program pembukuan yang kami laksanakan kami berharap semoga dengan pembukuan yang kami laksanakan secara sederhana tersebut, bisa membantu Ibu Sukarsi dalam menjalankan usahanya. Dari semua program yang kami laksanakan, tiga program tersebut yang kami anggap sangat membantu untuk mengembangkan usaha mitra dampingan kami. Selagi kami tidak bertugas pada usaha mitra dampingan kami, kami berharap beliau selaku mitra-mitra dampingan kami bisa lebih mengembangkan usahanya dengan apa yang sudah kami berikan atau ajarkan pada mitra dampingan kami.