Kegiatan KKU Unika Soegijapranata oleh Kelompok 14, Gisikdrono

by admin

11 July 2018


Kelompok 14 mendampingi 2 Mitra, yaitu Ibu Harti dan Ibu Wiyati. Kegiatan yang sering kami lakukan adalah membantu kedua mitra dalam bekerja dan melaksanakan program-program KKU, baik program unggulan maupun program individu. Mitra yang kami bantu merupakan mitra di kalangan menengah kebawah dan mempunyai latar belakang yang berebeda-beda. Kedua mitra kami sama-sama berpendidikan rendah, disinilah tugas kami untuk mengedukasi dan membantu mitra-mitra kami.

            Diawal KKU, kelompok kami melakukan kegiatan observasi kunjungan untuk menganalisa dan merumuskan masalah. Steelah menemukan dan merumuskan masalah, para anggota kelompok mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, lalu kami membuat program utama dan program pendukung untuk setiap mitra. Program utama untuk Ibu Harti adalah pengadaan barang dan program untuk Ibu Wiyati adalah inovasi produk.

            Pengadaan barang hampir menjadi semua solusi dari permasalahan yang dirumuskan, karena memang fasilitas yang dimiliki para mitra kurang memadai dan juga para mitra tidak memiliki dana yang cukup untuk memperbaharui barang-barang mereka. Contohnya blender ibu Harti kami ganti dengan blender yang lebih layak pakai, lalu kami juga menyediakan rak roda supaya ibu Harti mudah memindahkan barang-barang toko klontongnya. Tak hanya itu, program inovasi produk untuk ibu Wiyati juga membutuhkan peralatan yaitu cetakan tumpeng. Maka dari itu kegiatan yang paling sering kami lakukan adalah men-survey barang-barang kebutuhan mitra di pasar dengan kualitas yang baik dan harga yang sepadan.

            Masalah baru tetap muncul walaupun kami sudah memperbaharui barang-barang dan melakukan inovasi produk untuk mitra kami, yaitu rusaknya barang baru tanpa disengaja. Terkadang barang yang kami beli secara online memiliki kecacatan karena pengemasan yang kurang aman dan rapi. Solusi yang kami beri adalah mengganti barang yang rusak dengan barang baru yang kami beli di toko terdekat – juga kami tak lupa untuk memeriksa barang tersebut dengan lebih teliti agar kesalahan yang telah terjadi tidak terulang lagi.

            Setelah semua program selesai, kami melakukan kegiatan pemantauan hasil kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau dan mengamati masalah baru yang timbul dari barang-barang yang diberikan atau inovasi-inovasi yang diajarkan. Selama kegiatan ini, dapat disimpulkan bahwa mitra-mitra yang kami bimbing memiliki peningkatan dalam inovasi produk dan fasilitas – barang-barang yang kami beri dirawat dan dipakai dengan baik. Program inovasi produk untuk mitra ibu Wiyati juga berjalan baik dan mendapat pujian dari ibu wakil walikota. Maka dari itu, kami menyimpulkan bahwa lewat kegiatan KKU ini kami sudah melakukan yang terbaik untuk menolong, membimbing, dan mengedukasi mitra-mitra kami dengan bertanggung jawab.

 

Video kegiatan dapat diakses di https://youtu.be/ei7KQHX1Hrk