KEGIATAN KKU UNIKA SOEGIJAPRANATA - KELOMPOK 5 GISIKDRONO

by admin

12 July 2018


Mitra I

Program Utama: Pengadaan Alat Penggiling Singkong

            Pada mitra I, kami memiliki satu progam utama dan enam progam pendukung. Progam utama yang kami lakukan ialah pengadaan alat penggiling singkong. Dengan adanya alat ini mitra I tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membuat gethuk. Karna sebelumnya beliau harus menumbuk-numbuk singkong pada pagi hari untuk membuat.

Penanggung Jawab : Kelompok KKU 5

Progam Pendukung 1 :Edukasi Pembukuan (Laporan Keuangan)

Progam pendukung yang pertama, Mitra I di ajarkan untuk bagaimana membuat laporan keuangan. Pada awal progam Mitra I di berikan buku pembukuan, setelah di berikan juga sambil di ajarkan tentang apa saja yang harus nanti di isi, kapan saja waktu di isinya. Tidak kala juga di berikan catatan kecil untuk mengingat-ngingat tentang isi dari buku pembukuan tersebut. Hasilnya belum bisa terlihat dengan jelas. Kelupaan untuk mengisi menjadi salah satu hambatan yang terjadi karena masih belum terbiasanya Mitra I untuk menuliskan pengeluaran-pengeluarannya.

Koordinator Progam : Eric Fernando 15.E1.0139

 

Progam Pendukung 2 :Pendampingan untuk Pembuatan Surat I-UMKM

            Progam pendukung yang kedua, Mitra I di buatkan surat IUMK ( Izin Usaha Mikro Kecil). Pada Progam ini, kami bertujuan untuk mengamankan pondasi sang Mitra I. Bilamana nanti usahanya berkembang, tidak memiliki permasalahan dengan pemerintah. Apalagi tanpa surat ijin ini, usaha yang telah di lakukan oleh Mitra I dapat di tutup dengan cepat.

Koordinator Progam : Cicilia Thea Sepiana 15.E1.0183

 

Progam Pendukung 3 : Publikasi

            Progam pendukung yang ketiga, Mitra I di berikan progam Publikasi. Dimana dalam progam ini Mitra di buatkan MMT untuk di pasangkan di depan rumahnya. Pada progam ini, nantinya MMT akan menjadi suatu alat untuk mempermudah menemukan rumah dari Mitra I dan juga untuk mempromosikan bila ada sembari orang yang lewat rumahnya.

Koordinator Progam :  Ardyta Yudianto 15.K1.0003

 

Progam Pendukung 4 : Pembuatan Stiker Logo untuk Kemasan

            Progam pendukung yang ke-empat Mitra I ialah progam pembuatan stiker dan logo. Pada progam ini, kami membuat sebuah logo yang akan di gunakan oleh Mitra I. Sehingga nantinya Mitra I memiliki logonya tersendiri untuk berjualan dan bersaing di pasar-pasar. Stiker juga di gunakan dalam hal promosi, stiker nantinya akan di tempel di produk yang di sebarkan berbagai tempat.

Koordinator Progam : Maria Novika Diah Siswari 15.J2.0007

 

Progam Pendukung 5 : Edukasi Higenitas

            Progam pendukung yang kelima, Mitra I ialah progam edukai higeinitas. Kami melihat ketika Mitra I memproduksi produknya, ada berbagai hal masih dapat terbilang kurang bersih. Sepertinya penggunaan tangan dalam pengolahan produk. Maka dari itu dalam progam ini kami membelikan sebuah sarung tangan plastik yang nantinya di gunakan pada waktu membuat produk. Sehingga tangan tidak secara langsung terjun memegang-megang produk. Mitra I pun belum terbiasa dengan penggunaan sarung tangan. Karna sarung tangannya terasa licin dan ketika di gunakan lama kelamaan mulai terasa panas.

Koordinator Progam : Tio, Olivia Tiofanny    15.I1.0035

 

Progam Pendukung 6: Pembuatan Kartu Nama

Progam pendukung yang ke-enam, Mitra I di berikan kartu nama. Karena beliau juga belum memiliki kartu nama, maka kami buatkan. Progam ini juga di gunakan untuk promosi. Bertukar kartu nama dengan orang lain atau memberikannya kepada orang lain. Kartu nama ini juga nantinya menjadi sebagian informasi dari bisnis Mitra I. Sehingga orang tau usaha apa yang di kerjakan Mitra I.

Koordinator Progam : Andrew Gustama Djinawi 14.D1.0125

 

Mitra II

 

Program Utama: Pengadaan Alat Pemotong Sayur

Pada mitra II, kami memiliki satu progam utama dan enam progam pendukung. Progam utama yang kami lakukan ialah pengadaan alat pemotong sayuran. Dengan adanya alat ini mitra II dapat untuk dibantu oleh anaknya yang berkebutuhan khusus dalam menyiapkan bahan-bahan yang di butuhkan. Sehingga dapat meringankan beban dari Mitra II dalam menyiapkan bahan-bahan untuk produknya.

Penanggung Jawab : Kelompok KKU 5

 

Progam Pendukung 1  : Edukasi Perawatan Alat

            Progam pendukung yang pertama, Mitra II di berikan sebuah edukasi tentang perawatan alat pemotong sayur yang di berikan. Dengan adanya edukasi ini , alat pemotong sayur Mitra II dapat di gunakan selama-lamanya dan terjaga alatnya.

Koordinator Progam : Eric Fernando 15.E1.0139

 

Progam Pendukung 2  : Pendampingan Pembuatan Surat I-UMKM

            Progam pendukung yang kedua, Mitra II di buatkan surat IUMK ( Izin Usaha Mikro Kecil). Pada Progam ini, kami bertujuan untuk mengamankan pondasi sang Mitra II. Bilamana nanti usahanya berkembang akan tetapi tidak memiliki permasalahan dengan pemerintah. Apalagi tanpa surat ijin ini, usaha yang telah di lakukan oleh Mitra II dapat di tutup dengan cepat oleh pemerintah bila suatu saat terjadi pengecekan.

Koordinator Progam : Cicilia Thea Sepiana 15.E1.0183

 

 

Progam Pendukung 3 : Publikasi

            Progam pendukung yang ketiga, Mitra II di berikan progam Publikasi. Dimana dalam progam ini Mitra di buatkan MMT untuk di pasangkan di depan rumahnya. Pada progam ini, nantinya MMT akan menjadi suatu alat untuk mempermudah menemukan rumah dari Mitra II dan juga untuk mempromosikan bila ada sembari orang yang lewat rumahnya.

Koordinator Progam :  Ardyta Yudianto 15.K1.0003

 

Progam Pendukung 4 : Inovasi Kemasan (Pemasangan Stiker pada Kemasan)

            Progam pendukung yang ke-empat Mitra II ialah progam Inovasi kemasan. Pada progam ini, kami membuat sebuah logo yang akan di gunakan oleh Mitra II. Usaha Mitra II yakni arem-arem, biasanya hanya di jual begitu saja. Akan tetapi dengan adanya progam ini. Arem-arem memiliki stiker tersendiri yang menjadi kemasan dari arem-arem tersebut.Nantinya Mitra II juga memiliki logonya tersendiri untuk berjualan dan bersaing di pasar-pasar.

Koordinator Progam : Maria Novika Diah Siswari 15.J2.0007

 

Progam Pendukung 5 : Edukasi Higienitas

            Progam pendukung yang kelima, Mitra II ialah progam edukai higeinitas. Kami melihat ketika Mitra II memproduksi produknya, ada berbagai hal masih dapat terbilang kurang bersih. Sepertinya penggunaan tangan dalam pengolahan produk. Maka dari itu dalam progam ini kami membelikan sebuah sarung tangan plastik yang nantinya di gunakan pada waktu membuat produk. Sehingga tangan tidak secara langsung terjun memegang-megang produk. Mitra II pun belum terbiasa dengan penggunaan sarung tangan. Karna sarung tangannya terasa licin dan ketika di gunakan lama kelamaan mulai terasa panas.

Koordinator Progam : Tio, Olivia Tiofanny    15.I1.0035

 

Progam Pendukung 6 :  Pembuatan Kartu Nama

            Progam pendukung yang ke-enam, Mitra  II di berikan kartu nama. Karena beliau juga belum memiliki kartu nama, maka kami buatkan. Progam ini juga di gunakan untuk promosi. Bertukar kartu nama dengan orang lain atau memberikannya kepada orang lain. Kartu nama ini juga nantinya menjadi sebagian informasi dari bisnis Mitra II. Sehingga orang tau usaha apa yang di kerjakan Mitra I.

Koordinator Progam : Andrew Gustama Djinawi 14.D1.0125