KEGIATAN KKU UNIKA SOEGIJAPRANATA - KELOMPOK 1 GISIKDRONO

by admin

12 July 2018


MITRA 1

Program Utama : Pembuatan Kartu Nama

Program utama pada mitra 1 yaitu pembuatan kartu nama dimana dirasa pembuatan kartu nama diperlukan untuk perluasan pasar tempe Pak Agus. Kami disini membuatkan design kartu nama yang di dalamnya berisi nama lengkap bapak agus sendiri, logo yang sudah disepakati bersama, nomor telfon, dan alamat produksi Pak Agus. Kartu nama ini berfungsi agar saat mencari pelanggan Pak Agus dapat memberikan kartu namanya. Saat kami melakukan program utama ini Pak Agus juga sangat memberikan respon yang baik dan memang beliau ingin mempunyai kartu nama tersebut untuk disebarluaskan dan memperluas pasar.

Penanggung jawab : Kelompok KKU 1

Program Pendukung 1 : Branding dan Labelling

Program pendukung ini adalah pembuatan logo dan nama dari tempe Pak Agus sendiri, Pak Agus meminta untuk nama usahanya diberi nama tempe arnes dimana arnes adalah singkatan dari kedua anaknya. Logo tersebut juga kami jadikan stiker dimana stiker itu akan ditempel di tempe Pak Agus agar banyak orang yang semakin tahu tempe Pak Agus. Stiker sudah mulai diperbanyak dan ditempel di setiap kemasan tempe Pak Agus saat ini.

Koordinator Program : Pramita Desya Fellyta Putri / 15.E1.0241

Program Pendukung 2 : Pembuatan surat IUMKM

Program pendukung lainnya yaitu pembuatan surat IUMKM yang sudah berhasil kami buat. Surat IUMKM ini kami mengurus bersama dengan Pak Agus di kelurahan setempat mulai dari mengumpulkan berkas sampai dengan foto untuk surat IUMKM ini. Tentunya surat tersebut disimpan dengan baik sebagai pegang Pak Agus untuk izin usahanya.

Koordinator program : Arief Rahman / 14.K10057

Program Pendukung 3 : Pembuatan MMT

Program pendukung ini adalah membuatkan MMT yang sekarang sudah dipasang di depan rumah Pak Agus agar pelanggannya bisa tahu letak lokasi dari rumah Pak Agus sendiri. Design yang sudah kami bicarakan sebelumnya dengan Pak Agus dan saat dicetak dan diberikan Pak Agus merasa ini sesuai dengan bayangannya. MMT ini tidak hanya sekedar MMT tapi kami juga memberikan penunjuk arah agar orang tahu tempat produksi mitra tersebut.

Koordinator program : Philipus Marutta Ajie / 14.M1.0094

Program Pendukung 4 : Pengadaan Alat

Program pendukung yaitu pengadaan barang dimana Pak Agus membutuhkan lampu untuk penerangan dan penghangat produksi tempenya, kami memberikan alat tersebut sekaligus memberikan stoknya untuk bebrapa bulan kedepan. Lampu tersebut adalah permintaan dari mitra kami karena terkadang saat musim hujan tempe harus menggunakan lampu ekstra karena tidak adanya cahaya matahari.

Koordniator program : Yohana Livia / 15.J2.0016

Program Pendukung 5 : Peningkatan Higenitas

Program pendukung adalah memberikan alat penunjang higenitas berupa sarung tangan, celemek, dan tempat sampah erta memberikan edukasi kepada Pak Agus agar usahanya memiliki tingkatan higenitas yang baik. Karena kami mendapat kendala untuk membelikan barang seperti panci yang ada bahan mengandung higenitasnya jadi kami memberikan edukasi ada cara lain selain membeli barang tersebut yaitu dari kebersihan Pak Agus sendiri.

Koordinator Program : Katherine Kristalia / 15.I1.0050

Program Pendukung 6 : Pembukuan Keuangan

Program pendukung yang terakhir adalah pembukuan dimana kami memberikan edukasi mengenai pembukuan kepada Pak Agus agar pengeluaran dan pemasukan jelas sehingga Pak Agus tahu betul keuntungan setiap bulan berapa serta dapat melihat grafik usaha Pak Agus naik atau turun.

Koordinator program : Nafis Cahya M. / 13.30.0184

MITRA 2

Program Utama : Pengecatan Gerobak

Mitra 2 kami adalah pengusaha nasi kucing, pemiliknya bernama Bu Umi. Program utama pada mitra 2 adalah pengecatan gerobak dimana kelompok kami ingin agar gerobak serta meja kursi di nasi kucing Bu Umi ini terlihat leih indah dan bersih agar konsumenmu nyaman untuk makan disana. Pengecatann gerobak juga tidak hanya sekedar mengecat tapi membersihkan gerobak tersebut sampai dengan meja dan kursi yang ada di nasi kucing Bu Umi.

Koordinator Program : Kelompok KKU 1

Program Pendukung 1 : Pembuatan surat IUMKM

Program pendukung kelompok kami, yang pertama adalah pembuatan surat IUMKM yang mana sudah kami berikan tempo lalu. Surat IUMKM ini kami mengurus bersama dengan suami dari Bu Umi di kelurahan setempat mulai dari mengumpulkan berkas sampai dengan foto untuk surat IUMKM ini. Tentunya surat tersebut disimpan dengan baik sebagai pegangan Bu Umi dan suami untuk izin usahanya.

Koordinator program : Kelompok KKU 1

Program Pendukung 2 : Meningkatkan Motivasi Kerja

Program penundukun adalah kami memberika motivasi kerja dengan cara mengasesmen apa yang kurang dari motivasi kerjanya dan melakukan pendekatan serta treatment agar motivasi kerja Bu Umi meningkat dari sebelumnya. Motivasi kerja ini dilakukan setiap saat kami melakukan kunjungan agar Bu Umi dapat berfikir bahwa semakin giat bekerja Bu Umi nantinya akan punya karyawan yang membantu berjualan nasi kucing. Bu Umi juga semakin terlihat semangat dan itu ditunjukan dengan menambah produksinya beberapa minggu yang lalu.

Koordinator Program : Pramita Desya FP / 15.E1.0241

Program Pendukung 3 : Penambahan Produktivitas

Program pendukung adalah  kami juga menambah alat produksi berupa gas LPG bertujuan supaya produksi Bu Umi juga jadi lebih banyak karena selama ini gas LPG nya bergantian atau jadi satu dengan kebutuhan rumah tangganya. Gas LPG ini juga bisa dibawa ke tempat nasi kucing agar gorengan2 nya juga bisa bertambah terus dan disajikan lebih hangat.

Koordinator program : Yohana Livia / 15.J2.0016

Program Pendukung 4 : Pengadaan Alat

Program pendukung adalah kami juga memberikan pengadaan alat yaitu memberikan box dan lepek makan serta tempat-tempat makan untuk lauk pauk dari nasi kucing tersebut karena Bu Umi  juga merasa tempat yang ia punya sedikit sehingga produksi mengikuti tempat yang ia punya. Maka dari itu kami memberikan penambahan alat agar Bu Umi bisa menambah produksi nasi kucingnya.

Koordinator Program : Philipus Marutta Ajie / 14.M1.0094

Program Pendukung 5 : Peningkatan Higenitas

 Program pendukun yaitu peningkatan higenitas dimana kami memberikan eduksi dan memberikan pencepit makanan, tempat sampah, dan celemek agar nasi kucing Bu Umi tetap dijaga kebersihannya. Edukasi yang kami berikan lebih kepada pembuangan sampah karena biasanya sampah menumpuk dan dibuang kesembarang tempat. Tapi setelah kami memberikan tong sampah, Bu Umi jadi mengerti bahwa kebersihan akan membuat konsumen nyaman untuk makan di nasi kucing Bu Umi.

Koordinator Program : Katherine Kristalia / 15.I1.0050

Program Pendukung 6 : Pembukuan Keuangan

Program pendukung adalah kami juga melakukan pembukuan agar Bu Umi dapat membedakan antara uang usahanya dengan uang kebutuhan rumah tangganya. Namun Bu Umi karena keterbatasan waktu masih sangat susah untuk melakukan pembukuan.

Program Pendukung 7 : Pemberian Pengeras Suara

Program pendukung adalah kami juga memberikan pengeras suara berupa speaker agar pelanggan yang berkunjung tidak merasa jenuh saat berkunjung atau makan di nasi kucing Bu Umi. pembukuan dimana kami memberikan edukasi mengenai pembukuan kepada Bu Umi agar pengeluaran dan pemasukan jelas sehingga Bu Umi tahu betul keuntungan setiap bulan berapa serta dapat melihat grafik usaha Bu Umi naik atau turun.

Koordinator program : Arief Rahman / 14.K1.0057

PROGRAM WILAYAH

  1. Program Wilayah Rumah Kreatifitas

Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan usaha para pengusaha UMKM di wilayah Gisikdrono, baik pengusaha produk makanan maupun produk non makanan. Program ini terdiri dari beberapa program pendukung antara lain membuat brosur dan katalog sebagai sarana promosi, serta membuat packaging berupa box kardus yang digunakan untuk menjual produk-prouk pangan dalam bentuk paket yang nantinya dapat dijual untuk keperluan acara seperti rapat, arisan PKK dan lain sebagainya.

  1. Program Wilayah Rumah Layak Anak

Program ini didukung dengan beberapa program lainnya, antara lain dengan penambahan beberapa peralatan penunjang seperti mainan, mengadakan pengedukasian mengenai Rumah Layak Anak kepada para Kader Posyandu, serta melakukan pengidentifikasian kebutuhan yang diperlukan bagi Kader Posyandu disetiap RW. Selain itu, untuk lebih mengenalkan masyarakat kelurahan Gisikdrono dengan Rumah Layak Anak, maka terdapat pula program lain yaitu pendirian Rumah Layak Anak yang kedua di RW 05 Gisikdrono. Selain untuk mengenalkan kepada masyarakat, tujuan didirikannya Rumah Layak Anak yang kedua ini juga bertujuan agar seluruh masyarakat kelurahan Gisikdrono dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan tersebut dengan sebaik mungkin.