KEGIATAN KKU SOEGIJAPRANATA - KELOMPOK 33 TAMBAKMULO

by admin

25 July 2018


RESUME KEGIATAN KKU
SEMESTER GENAP TAHUN 2017/2018

NAMA KELOMPOK             : kelompok 33
LOKASI BINAAN                  : Tambak Mulyo

DAFTAR KELOMPOK          :
14.A1.0101     – Muki Harmanto
!5.I1.0034       – Evan Fajar Alim
15.E1.0006      – Elisabeth Cynthia
15.G1.0060     – Nadya Pangestu
15.!2.0012       – Tjan, Stefanie Chandra P
15.D1.0143     – Catarina Carissa Devina

RINGKASAN MITRA 1 (BU RATNA – ANEKA NASI)

            Pada Sabtu, 5 Mei 2018 kami kelompok KKU 33 menjalankan kegiatan pemberian blender untuk mitra ! (Bu Ratna – Aneka Nasi) tepatnya pada kunjungan ke 5. Pemberian blender disini untuk mengoptimalkan efesiensi usaha, bertujuan agar usaha dari Ibu Ratna dapat berjalan dengan baik, selain aneka nasi Ibu Ratna berjualan pop ice dan enaka minuman lainnya yang membutuhkan blender dalam pembuatannya. Lalu selain pembuatan minuman juga blender yang kami berikan dapat menghaluskan bumbu kering dan juga bumbu basah. Blender 3in1 ini dapat mempersingkat waktu kerja Ibu Ratna dalam proses pembuatan makanan dan juga minuman.

            Minggu, 6 Mei 2018 kami menjalankan kegiatan pembukuan untuk keuangan Ibu Ratna. Tujuan dari pembukuan ini yaitu untuk mencatat penghasilan dan pengeluaran Ibu Ratna dalam menjalankan usahanya. Sebelum itu Ibu Ratna tidak pernah mencatat pengeluaran dan penghasilannya. Maka Ibu Ratna sendiri pun  tidak pernah tahu laba yang didapat dari usaha berjualan aneka nasi tersebut. Ibu Ratna diminta untuk mencatat pengeluaran dan penghasilan tiap harinya dan akan di cek 1 minggu sekali dan akan dihitung hasilnya.

            Sabtu, 19 Mei 2018 kami melakukan kunjungan ke 7 untuk mengontrol beberapa kegiatan yang sudah berjalan. Dan kami mengontrol produksi aneka nasi dan jualan lainnya demi kelancaran dan juga kebersihan dalam usaha aneka nasi oleh Bu Ratna. Lalu kami membahas expo dengan Bu Ratna, apa yang harus dipersiapkan saat expo nanti.

            Sabtu, 26 Mei 2018 kami menjalankan pengoptimalan alat kebersihan yang terdiri dari sapu, serbet, tempat sampah. Pemberian alat kebersihan ini bertujuan untuk pembaharuan alat kebersihan Ibu Ratna yang sudah tidak layak pakai. Dan kami tidak lupa untuk mengontrol kegiatan kami yang sudah berjalan beberapa minggus sebelumnya. Lalu kami tidak lupa untuk selalu mengingatkan Ibu Ratna tentang expo yang akan diadakn akhir bulan Juni.

            Jum’at, 1 Juni 2018 kami melakukan kunjungan yang ke Sembilan, disini kami menjalankan kegiatan pemberian meja untuk tempat kompor. Pemberian meja untuk kompor ini bertujuan untuk membuat Ibu Ratna nyaman saat proses memasak, yang awalnya Ibu Ratna harus membungkukkan badannya karena posisi kompor yang ada dibawah. Sekarang Ibu Ratna tidak perlu membungkuk lagi saat memasak. Selain nyaman untuk Ibu Ratna ketika memasak, tujuan lainnya yaitu agar kompor tidak terkena air rob yang terkadang masuk rumah hingga dapur dan setinggi mata kaki.

Sabtu, 2 Juni 2018 kami menjalankan kegiatan pemberian taplak meja. Tujuan dari pemberian taplak meja ini untuk mengganti taplak Ibu Ratna yang sudah using dan juga warna yang sudah pudar, juga beberapa bagian yang sudah robek. Ditempat usaha Ibu Ratna terdapat 3 meja yang masing-masing ukurannya berbeda. Dan juga hanya 1 meja yang dilapisi taplak, 2 meja lainnya tidak dilapisi taplak. Kami menyediakan taplak meja yang berukuran panjang kurang lebih 8 meter. Kami berniat untuk membuat 3 meja tersebut menjadi seragam warnanya dan juga terlihat rapi juga bersih.

Senin, 4 Juni 2018 kami kunjungan ke 11 dengan melakukan pengecekan alat-alat masak, melihat kondisi dapur dan mengontrol program-program yang sudah berjalan. Lalu berbincang dengan Ibu Ratna bagaimana usahanya belakangan ini apakah ada hambatan atau tidak. Dan kami selalu diakhir kunjungan mengingatkan expo pada Ibu Ratna.

            Sabtu, 9 Juni 2018 kami kunjungan ke 12 melakukan kegiatan pemberian MMT yang sudah direncanakan sebelumnya dan juga sudah disetujui oleh pihak mitra dan juga pihak dari DPL dan juga APL tentang desain yang akan dibuat untuk MMT Ibu Ratna yang berjualan aneka nasi. Dan juga kami memberikan sebuah parcel untuk memperingati hari lebaran yang sudah dekat kepada Ibu Ratna dan sekeluarga selain itu juga ucapan terima kasih dari kami kelompok KKU 33 yang sudah diberi kesempatan belajar bersama Ibu Ratna.

RINGKASAN MITRA 2 (BU MUS – IKAN ASAP)

            Minggu, 22 April 2018 pada kunjungan ke 4 kami kelompok KKU 33 melakukan kegiatan pemberian kawat untuk alat pengasapan ikan. Saat kami melukan observasi melihat keadaan kawat yang kurang layak pakai karena sudah sering sekali dipakai dan juga digosok membuat kawat tersebut rusak. Kami menyediakan kawat berukuran kurang lebih 4 meter untuk kebutuhan Ibu Mus dalam pengasapan ikan untuk kedepannya. Dengan pemberian kawat dapat membantu kelancaraN dan keamanan usaha ikan asap Ibu Mus.

            Sabtu, 5 Mei 2018 pada kunjungan ke 5 kamu melakukan kegiatan pemberian ember untuk Ibu Mus. Tujuan dari pemberian ember ini yaitu untuk mengganti ember Ibu Mus yang sudah tidak layak pakai. Ember ini bermanfaat untuk menampung ikan asap baik yang sudah matang maupu yang belum matang. Dan ukuran ember yang kami berikan juga lebih besat dibanding ember milik Bu Mus yang lama. Dan juga memudahkan pembawaan ikan asap ke tempat berjualan.

            Minggu, 6 Mei 2018 kami melakukan kegiatan pemberian buku catatan untuk pencatatan pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh dari usaha ikan asap Ibu Mus. Sebelumnya Ibu Mus hanya mencatat dikertas-kertas kecil yang beliau tempatkan pada dalam dompet, menurut kami kertas kecil seperti dapat hilang dengan mudahnya. Dan juga Ibu Mus tidak pernah memperhitungkan pendapatannya yang diperoleh dengan benar. Dan disini kami membantu dengan pencatatan keuangan usaha ikan asap Ibu Mus dan akan dicek 1 minggu sekali dan juga akan dihitung berapa laba yang diperoleh Ibu Mus dalam menjalankan usaha ikan asap yang sudah berjalan selama 40 tahun.

            Sabtu, 26 Mei 2018 kami melakukan kegiatan pemberian  baskom dan juga pisau untuk kelancara dan kebersihan dalam proses pembuatan ikan asap. Saat kami melihat bagaimana proses ikan asap dibuat mulai dari mencuci ikan, pembersihan perut ikan, memotong hingga mengasap. Kami melihat Ibu Mus hanya menaruh ikan yang selesai dicuci dan selesai dipotong hanya dilantai semen. Jadi kami berniat menyediakan baskom untuk penempatan ikan agar tidak dilantai demi kebersihan ikan asap.

Senin, 28 Mei 2018 kami menjalankan kegiatan mengurus IUMK untuk Ibu Mus. Kami melengkapi surat-surat yang dibutuhkan untuk diurus ke RT dan RW setempat dan juga mengurus ke kelurahan. Sesampai disana kami mengurus lalu diberi form untuk dilengkapi. Ada beberapa data yang perlu ditanyakan pada Ibu Mus. Kami memutuskan untuk menanyakan pada kunjungan selanjutnya.

            Jum’at, 1 Juni 2018 kami menjalankan kegiatan pemberian selang air. Bertujuan untuk membantu kelancaran proses pembuatan ikan asap. Dan kamu juga melengkapi data-data yang perlu diisi pada form yang diberikan dari kelurahan. Setelah lengkap kami memutuskan untuk memberikan ke kecamatan pada kunjungan selanjutnya karena pada 1 Juni 2018 adalah tanggal merah.

            Sabtu, 9 Juni 2018 kami melakukan kunjungan ke 12 dan melukan kegiatan pemberian IUMK yang sudah jadi kepada Ibu Mus. Harapan kami dengan adanya IUMK untuk usaha Bu Mus dapat berjalan dengan lancer dan usaha Bu Mus mendapat dukungan dari pemerintah, juga usahanya memiliki surat izin yang jelas. Dan kami memberikan parcel lebaran yang akan datang tak lama lagi, dan juga sebagai ucapan terima kasih telah memberi kami ilmu dan pengalaman selama proses KKU 2 bulan belakangan ini.

Minggu, 10 Juni 2018 kami melakukan kegiatan pemberian hand sealer untuk alat pembungkusan ikan asap yang siap kirim keluar kota. Dengan berjalannya program ini kami berharap dapat ada peningkatan dalan usaha ikan asap Ibu Mus, dan juga peningkatan harga untuk pengiriman keluar kota dengan menggunakan hand sealer yang akan menambah kesan bersih dan juga rapi.

Selasa, 12 Juni 2018 kunjungan yang ke 14 kami memberikan dan memasang MMT yang sudah jadi dan sebelumnya sudah disetujuan oleh pihak mitra dan juga pihak DPL dan juga APL. Bertujuan untuk menunjukan identitas usaha Ibu Mus yang sebelumnya tidak ada, hanya promosi dari mulut ke mulut oleh tetangga setempat dan juga pelanggan Ibu Mus yang ada dipasar.