KEGIATAN KKU SOEGIJAPRANATA - KELOMPOK 30 TAMBAKMUL

by admin

25 July 2018


RESUME KEGIATAN KKU

SEMESTER GENAP TAHUN 2017/2018

 

NAMA KELOMPOK                       : Kelompok 30

LOKASI BINAAN                            : Tambak Mulyo

 

DAFTAR KELOMPOK

Fachreza Kresna                                 13.11.0163

Ivana Kumalasari                               15.I2.0018

Adela Azalia                                       15.D1.0234

Yurike Angelina                                 15.G1.0078

Aditya Ayu                                         15.G1.0210

Maria Goretti Widya Pramitha          15.E1.0020

RINGKASAN

            Ibu Rokhimah adalah penjual gorengan di Tambak Mulyo RT 6/ RW 13. Hal ini menyebabkan pentingnya untuk melakukan pengembangan produk gorengan yang dijual. Mengingat konsumen produk makanan perlu mendapatkan inovasi produk, agar daya tarik untuk membeli tidak menurun akibat kejenuhan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Oleh karena itu program utama kelompok kami pada Mitra Gorengan Ibu Rokhimah adalah inovasi produk. Inovasi produk yang kelompok kami lakukan adalah pembuatan Singkong Thailand dan Ubi Goreng. Inovasi produk ini mampu diterima oleh konsumen yang mayoritas anak-anak disekitar Tambak Mulyo.

            Mendukung program utama kami untuk inovasi produk, maka kami merancang program individu kami yang selaras dengan program utama kami. Program individu kami yang pertama untuk Ibu Rokhimah adalah Penambahan MMT pada tempat usaha dari mitra. Tujuan adanya program ini adalah agar tempat usaha mitra lebih mudah dijumpai dan lebih memiliki branding tersendiri. Setelah program ini berjalan, konsumen dirasa semakin lebih mudah menjumpai tempat mitra berjualan.

            Meningkatkan Sanitasi Operasional Usaha adalah kegiatan kedua dari kelompok kami yang kami rasa program ini penting dalam mendukung program utama kami, Program ini dilakukan melalui Kegiatan Penambahan Tirai Bambu. Hal ini mampu mendukung mitra dalam operasional produksinya dengan adanya kegiatan ini kondisi tempat produksi mitra merangkak naik kedalam kondisi produksi yang ideal. Setelah dijalankan kondisi ideal ini mengurangi kemungkinan bahaya bila ada hujan atau panas akibat cuaca yang ada, sehingga proses produksi tetap mampu berjalan sesuai dengan rencana awal.

 

            Pengadaan Sarana Penjualan adalah hal yang penting  dalam menunjang kegiatan utama kelompok kami untuk mitra Ibu Rokhimah. Kegiatan ini kami lakukan dengan cara  Penambahan Triplek dan Tutup Wajan untuk mendukung dalam kegiatan produksi gorengan yang dijual Ibu Rokhimah. Penambahan Triplek dan Tutup Wajan bertujuan utama untuk mrningkatkan keamanan mitra dalam melakukan proses produksi. Adapun hasilnya pada saat kami melaksanakanya hasil yang diharapkan dalam program inipun sesuai dengan tujuan utama yang telah kami sasarkan.

 

Program lain dari kelompok kami untuk Ibu Rokhimah adalah Pembaharuan Alat Produksi dalam rangkaian Kegiatan Penggantian Peralatan. Kami melakukan program ini karena pada saat observasi peralatan yang dimiliki oleh mitra sebagian sudah tidak layak guna untuk melakukan proses produksi. Oleh karena itu kami melakukan kegiatan ini, dan setelah kami laksanakan ternyata manfaat yang dihasilkan sesuai dengan harapan awal kami, agar produk yang dijajakan oleh Ibu Rokhimah baik didukung dengan peralatan yang layak guna.

 

            Pengadaan Sarana Operasional lain adalah dengan melakukan Kegiatan Penambahan Tirai Etalase dan Tempat Penyimpanan Uang. Perlu diketahui bahwa jumlah lalat yang ada di lingkungan sekitar mitra jumlahnya sangat banyak. Hal ini disebabkan karena lingkungan yang kurang higenis dan ditambah letak geografis serta rata-rata penduduk disekitarnya berjualan hasil laut. Sehingga menyebabkan jumlah lalat yang ada sangat mengganggu aktivitas berjualan. Oleh karena itu, kami merasa dengan adanya kegiatan ini, maka sangat membantu mitra untuk meningkatkan higenitas produk dan juga self awareness mitra terhadap keamanan dalam penyimpanan hasil penjualannya.

 

            Program yang mendukung program utama kami di mitra gorengan Ibu Rokhimah yang terakhir adalah Meningkatkan Higenitas Operasional Usaha dengan Kegiatan Penambahan Tempat Sampah dan Rak Plastik. Kegiatan ini juga mendukung kegiatan yang telah dilakukan diatas, yang mana juga berkontribusi dalam peningkatan higenitas operasional usaha. Melalui kegiatan ini juga kelompok kami mampu untuk memunculkan kesadaran mitra agar pentingnya untuk menjaga kebersihan dan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya.

 

            Melompat ke mitra binaan kelompok kami yang selanjutnya, masih sama lokasinya di Tambak Mulyo RT 6/ RW 13. Mitra kami bernama Ibu Sarminah dengan pekerjaan utama yaitu berjualan Jus Buah, namun Ibu Sarminah memiliki daya kreativitas yang dinilai cukup baik untuk membawa pangsa pasar untuk membeli produk yang  ditawarkan. Selain berjualan jus bua, Ibu Sarminah juga berjualan makanan pendamping yang lainnya seperti bakso goreng, tulang atau yang biasa disebut balungan goreng dan juga mie instant. Akan tetapi kelompok kami melihat kurangnya pengetahuan mitra tentang manfaat jus buah yang ia jual dan juga kurangnya pemahaman konsumen tentang manfaat produk yang dikonsumsi. Oleh karena itu, program utama kami adalah inovasi produk tentang jus kesehatan. Kami merasa pengetahuan tentang manfaat buah-buahan yang kaya akan vitamin mampu tersalurkan kepada konsumen maupun mitra.

 

Pengadaan Buku Menu dengan Kegiatan Penambahan Daftar Menu Fruit Juice&Healthy Juice adalah hal yang pentin untuk dilakukan karena dengan adanya kegiatan ini mira dan konsumen jadi mengerti apa saja kandungan dan manfaat buah-buahan yang dikonsumsi. Penuh harapannya adalah kegiatan ini juga sebagai media edukasi yang efektif bagi konsumen dan juga mitra terhadap kesadaran dalam mengkonsumsi buah bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

 

Media informasi letak usaha juga diperlukan dalam menunjang sebuah usaha, maka dari itu program yang mendukung hal ini adalah Peningkatan Upaya Pemasaran Usaha Ibu Sarminah dengan Kegiatan Penambahan MMT. Sehingga konsumen lebih mudah untuk mengetahui letak usaha Ibu Sarminah dan juga lebih mengetahui produk apa saja yang dijual oleh Ibu Sarminah.

 

Meningkatkan Higenitas Operasional Usaha dengan Kegiatan Penambahan Tempat Sampah dan Box Container pun juga menjadi program kami. Karena kami merasa higenitas dalam menjual produk yang dikonsumsi adalah hal yang penting, serta temppat sampah mampu berfungsi agar sampah kulit buah dan sampah yang dihasilkan lainnya mampu terorganisir dengan baik.

 

Penggantian Peralatan dan Sarana Penjualan dengan Kegiatan Penggantian Tempat Penyimpanan Uang dan Meja Kecil juga mendukung kegiatan utama kami , karena hal ini mampu meningkatkan kegiatan operasional mitra.

 

Dalam Upaya peningkatan efektivitas produksi dan juga efisiensi waktu dalam melakukan produksi maka kelompok kami mengadakan program Pengadaan Sarana Produksi Kegiatan Penambahan Blender dan Alat Pengupas Kulit Buah. Mengingat Ibu sarminah tidak memiliki karyawan, maka dari itu kegiatan ini mampu untuk menunjang produktivitas sumber daya yang ada dalam melakukan produksi produk,

 

Penataan Ruang Produksi dengan Kegiatan Penataan Ruang Produksi dan Penambahan Tirai Bambu adalah hal yang penting dalam proses pemasaran di lokasi penjualan, karena hal ini dapat menciptakan kesan hallo effect bagi konsumen dan menciprakkan daya tarik yang baik untuk datang membeli produk yang ditawarkan, karena menjumpai lokasi penjualan yang nyaman dan menarik.

 

Selain program utama dan program pendukung  yang kami lakukan di 2 mitra binaan KKU kami, tak lupa juga kami memiliki program wilayah di Tambak Mulyo. Program wilayah ini adalah pemanfaatan limbah kepala udang menjadi peyek kepala udang.mengingat jumlah limbah kepala udang hasil olahan produk laut sangat banyak dijumpai di daerah Tambak Mulyo, maka wilayah kami menjadikan hal ini adalah hal yang potensial untuk menjadikan limbah kepala udang menjadi layak konsumsi dan layak jual. Kegiatan ini juga mempersiapkan mayarakat Tambak Mulyo mandiri untuk menghadapi kawasan wisata bahari yang akan dibangun disana. Harapannya peyek kepala udang ini mampu untuk menjadi buah tangan yang akan dijual dari masyarakat Tambak Mulyo, dan masyarakat disana mampu mandiri secara materi dan tak lupa mampu untuk mengatasi permasalahan limbah yang ada disana juga.